Hanya ketika Anda mendapatkan tidur yang baik, tubuh Anda dengan cepat menyentak Anda. Pernahkah Anda mempertanyakan mengapa itu terjadi? Seperti Anda telah tertidur selama 5 atau 10 menit, dan Anda tersentak, dan itu bahkan bukan karena mimpi! Mungkin Anda pernah mengalami ini juga. Ini mungkin bukan fenomena yang sangat tidak biasa, tetapi jelas aneh untuk mengetahui penyebab sebenarnya di baliknya.

Ini adalah fenomena yang disebut sebagai brengsek atau awal tidur.

Cukup sulit mendefinisikan istilah ini karena para ilmuwan masih mencari tahu detail di baliknya.
Sebagian besar terjadi ketika Anda benar-benar kelelahan dan Anda tertidur dengan cepat.

Selama tidur, parameter vital tubuh seperti detak jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah mulai turun dan tinggal di tingkat yang lebih rendah selama durasi tidur.
Jadi apa yang terjadi ketika kita tertidur sangat cepat?

Tubuh tidak siap untuk mengambil parameter kita yang tiba-tiba jatuh dan karenanya, salah untuk ‘mati’.

Ya, pusat-pusat otak kita sebenarnya berpikir bahwa kita sedang sekarat. Karena penurunan parameter kami yang tiba-tiba, otak mulai berpikir bahwa mereka telah menjadi lebih rendah karena kita mengalami kegagalan organ. Tapi bukan itu masalahnya. Karenanya, otak segera mengubah beberapa bahan kimia dan hormon dalam tubuh sehingga kita tersentak bangun. Tersentak bangun bisa karena apa pun. Biasanya, orang mendapatkan mimpi agresif seperti mereka jatuh dari ketinggian atau bertemu dengan beberapa bahaya yang akan terjadi.

Tersentak hipnik terjadi karena kurang tidur, stres dan kurang istirahat. Meskipun, terjadinya brengsek hypnic tidak membahayakan Anda dengan cara apa pun tetapi jika terlalu sering, Anda harus memeriksa gaya hidup Anda. Lihat video ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang tersentak hipnik.